Kingdom Hearts - Soul Eater NEWBIE: Membuat Image CD/DVD Dengan Daemon tools

Minggu, 10 November 2013

Membuat Image CD/DVD Dengan Daemon tools



Assalammualaikum wr. Wb

Jumpa lagi dengan saya wediafrizal.blogspot.com. Dalam tutorial kali ini saya mau share tentang cara membuat image CD/DVD dengan daemon tools lite free.
Postingan kali ini dari pengalaman saya pribadi. Saya orang yang suka mengumpulkan  software dan games di hardisc PC saya, sofwares dan games tersebut sering crash dimakan virus, dan saya harus kehilangan software dan games kesayangan saya. Kemudian saya menemukan cara agar software tersebut aman dari virus, yaitu dengan mengompress nya kedalam file Rar. Tapi lagi lagi saya harus kehilangan software karena windows saya korup dan file saya ikut terhapus. Kemudian saya coba  burning software dan games saya ke CD/DVD untuk back up. Tapi  ada masalah lain, yaitu scratches dan jamur. Akhir nya CD/DVD back up data saya, saya buat menjadi  image CD/DVD dan saya simpan didalam hardisc external.Cara ini terbukti ama dari virus. Ketika CD/DVD saya rusak, saya tinggal burnig lagi yang baru.

Nah untuk membuat image CD/DVD ini saya sering menggunakan dua software yaitu nero dan daemon tools. Karena, kadang saya gagal membuat Image CD/DVD dengan Nero, tapi berhasil ketika menggunakan Daemon tools. Dan begitu juga sebalik nya. Dalam tutorial kali ini kita akan membahas cara menggunakan  daemon tools terlebih dahulu. Saya akan share lagi cara membuat image CD/DVD dengan software nero pada postingan berikut nya. Baiklah langsung saja kita ke tutorial nya.


Pertama buka daemon tool lite sobat, jika belum punya silakan download daemon tool lite gratis. Akan terbuka jendela window seperti dibawah ini.




Masukkan CD/DVD yang mau di buat image. Tunggu sampai terbuka jendela windows baru, seperti gambar dibawah ini. Tutup jendela windows tersebut.


Kemudian klick icon seperti pada gambar dibawah yang sudah saya lingkari warna merah.
 


Akan terbuka jendela baru seperti gambar diatas. Pada gambar diatas, di dalam kolom yang saya lingkari warna merah, pada sudut sebealah kiri layar monitor. Terdapat tulisan “ mdx”, ini dalah format bawaan dari daemon tools. Untuk membuat image CD/DVD, kita harus mengubah format “ mdx” menjadi “iso” seperti  gambar  di bawah ini.
 
     

Sobat  biasa mengubah nama CD/DVD image sesuai dengan keinginan sobat, tapi jangan sampai tanda back slash terhapus. Dan jangan lupa memberikan tanda titik setelah nama, sebelum menulis kan “ iso”. Kemudian setelah siap, klick mulai, dan akan terbuka jendela baru seperti gambar dibawah.



Kemudian check list pada kotak, seperti yang saya lingkari warna merah diatas. Jika berhasil membuat image, akan tersimpan sebuah file image di dalam catalog image. Seperti gambar dibawah ini.

File ini tersimpan di My document. Buka my document <=>daemon tools image folder, anda akan mendapatkan sebuah file iso.


Demikian tutorial kali ini, sampai jumpa lagi di postingan berikut nya. Terimakasih atas kunjungan nya. Dan semoga tutorial ini bermanfaat.

Wassalammualaikum wr. Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar