Kingdom Hearts - Soul Eater NEWBIE: Panduan Lengkap Menginstall PS2 Emulator Di PC dan Latop

Minggu, 17 November 2013

Panduan Lengkap Menginstall PS2 Emulator Di PC dan Latop


Sudah bayak teman teman blogger  mengangkat  tema ini menjadi sebuah topic postingan di blog mereka. Namun menurut saya masih  belum bisa menjadi sebuah panduan untuk menginstal  PS2 emulator ini. Saya sendiri berkali kali gagal menginstall nya di PC saya. Setelah saya setting sana sini, akhir nya saya bisa juga menginstall nya, dan berjalan dengan baik sepeti  PS2 sungguhan.
Tutorial ini saya bagi dua bagian, pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara menginstall PS2 emulator, dan pada postingan berikut nya saya akan menjelaskan cara memainkan nya. Karena untuk bermain PS2 di pc atau latop, tidak seperti  bermain dengan mesin dengan mesin PS2 sungguhan. Yang tinggal masukkan DVD langsung bisa bermain. Di emulator ada beberapa setting yang perlu sobat ketahuai sebelum bermain.
Baiklah, sebelum kita masuk ketutorial. Berikut spek dari PC atau latop yang harus sobat miliki, agar bisa bermain dengan mulus. Berikut spek nya: 
  • Procesor  minimal Core.
  • RAM minimal 2 GB. Meski RAM 1GB masih bisa mendukung untuk bermain, tapi sering terjadi  bumfering ( seperti  DVD yang rusak).
  • OS windows 7 ( he….karena saya belum pernah mencoba di OS yang lain).
  • VGA min 1 GB. VGA 512 GB  masih bisa jalan, tetapi tidak mulus.
  • Hardisc sebaik nya cukup besar, jika sobat mau bermain dengan ISO ( Lihat postingan berikut nya “ Cara Bermain PS2 Emulator Di PC dan Latop ” mengenai ISO dan PLUG IN ).

Ok, kita masuk ketutorial. Pertama jalankan emulator set up, untuk memulai installasi. Lihat gambar di bawah ini. Sobat bisa download disini jika belum punya.


Kemudian klick  install
Klick Next
 


 

Klick Close. Sampai disini proses installasi belum selesai, Kita harus melakukan beberapa setting lagi.

 

Jalankan emulator yang sudah kita di install, dengan  double klick pada icon di destop sobat. Kemudian pada jendela windows yang muncul klick next.


 

Sebelum kita klick next pada jendela windows berikut nya. Seperti dalam gambar diatas. Buka folder hasil download dari link yang saya kasih diatas. Buka folder bios dan copy kan ke folder bios yang ada di My document  < = > PCSX2 (folder emulator PS2 ) < = >Bios.  Kembali  windows ( seperti gambar diatas) klick next.


 


Pada beberapa PC dan Latop, dibutuhkan Up date directx runtime. Jadi pada tahap ini dibutuhkan conneksi internet. Directx Runtime tidak bisa di up date secara Offline, karena saya sudah mencoba nya. Emulator  tidak bisa mendeteksi  lokasi directx nya. Klick “ yes “ untuk men gap date. Jika jendela seperti diatas muncul. Jika tidak muncul step ini akan kita lewati, artinya emulator mendeteksi bahwa direct x di PC dan latop sobat  mensupport  Emulator ini.

Kemudian pada jendela yang muncul, klick Ok. Kita akan dibawa ke download center Microsoft.




Double klick pada file binary yang sudah kita download tadi, proses up date directx akan di download.  


 

Setelah proses download directx selesai, tutup jendela. Dan klick next, seperti gambar diatas.

    
 

Pada jendela berikut, klick tulisan didalam kotak, dank lick finish.

 

Selesai sudah  proses intallasi PS2 emulator . Seperti  inilah tampilan PS2 Emulator setelah berhasil di install. Jika sobat masih belum paham, silakan download tutorial lengkap PDF nya Disini. Atau tonton video nya, Disini.
Demikianlah panduan installasi PS2 emulator kali ini, sampai jumpa di tutorial berikut nya.

Trimakasih atas kunjungan nya.

Wassalammualaikum wr. Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar